Di Pesantren Ini, Asrama Santri Jauh Lebih Bagus Ketimbang Rumah Ustadznya

pesantren_hidayatullah

Di sekolah manapun yang berbasis boarding school, sudah sangat jamak terjadi bahwa rumah atau tempat tinggal para guru jauh lebih bagus dibanding asrama siswanya. Namun kondisi yang sebaliknya justru terjadi di Pesantren Pesantren Hidayatullah Kupang.

Pesantren yang terletak di desa Batakte, Kupang Barat NTT ini dipimpin oleh Ustadz Usman Mamang, yang orangnya sangat humoris. Bertemu dengannya, kita akan selalu tertawa riang oleh cerita-cerita kocaknya.

Namun di balik sosoknya yang sangat ceria, kita akan tersentuh saat melihat tempat tinggal beliau yang hanya berupa sebuah gubug kecil. Di tempat inilah Ustadz Usman Mamang menetap bersama istri dan anak-anaknya yang masih kecil.

Anda akan lebih tersentuh lagi saat melihat bahwa asrama santri justru jauh lebih baik kondisinya; Terbuat dari semen dan batu bata, bangunan permanen yang jauh lebih modern.

Kondisi di sekitar pesantren pun pasti akan membuat Anda sangat tersentuh. Tanah yang tandus, sulit mencari air, juga sejumlah “gangguan” dari warga sekitar yang mayoritas nonmuslim, merupakan tantangan tersendiri yang tidak bisa disebut ringan.

Saat tim Akrom Foundation berkunjung ke pesantren ini beberapa waktu lalu, Ustadz Usman Mamang sempat bercerita tentang banyaknya pemuda setempat yang suka mengintip para akhwat yang tinggal di asrama. Belum lagi soal sekelompok massa yang ingin menyerbu dan menghancurkan gedung Pesantren beberapa tahun lalu.

“Namun alhamdulillah, Allah masih melindungin kami,” ujar beliau.

Dan soal asrama santri yang jauh lebih bagus dibanding rumah ustadz, ternyata bukan hanya di Kupang. Banyak cabang Pesantren Hidayatullah lainnya yang seperti itu.

Inilah situasi yang bisa menjadi bahan perenungan bagi kita semua, mengapresiasi besarnya pengorbanan para ustadz dan dai di Hidayatullah yang ingin memberikan layana terbaik kepada para santri. Mereka rela tinggal di rumah yang seadanya, sementara untuk para santri disiapkan asrama yang jauh lebih baik.

Sebab mereka sangat percaya bahwa para santri inilah yang suatu saat nanti akan menggantikan perjuangan mereka dalam berdakwah. Karena itu, mereka harus mempersiapkan bekal yang cukup untuk para santri tersebut.

Sekadar info, Hidayatullah adalah nama sebuah jaringan pesantren yang berpusat di Gunung Tembak, Balikpapan, Kalimantan Timur. Didirikan oleh Ust Abdullah Said pada 7 Januari 1973, pesantren ini sudah memiliki banyak cabang di hampir semua propinsi di Indonesia.

Salah satu ciri khas  adalah kiprah para dai mereka yang banyak berdakwah di daerah-daerah terpencil di Tanah Air. Selain itu, Hidayatullah juga memiliki media massa yang dikelola secara profesional dan sudah cukup terkenal, antara lain Majalah Hidayatullah dan media online Hidayatullah.com.

Saat ini, Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang masih satu grup dengan Pesantren Hidayatullah merupakan salah satu lembaga yang telah bekerja sama dengan Akrom Foundation. Beberapa program kerjasama kami yang telah berjalan adalah:

  1. Pembuatan Sumur Bor di pesantren putri yang selama ini sangat sulit mendapatkan air.
  2. Pembangunan pagar di sekeliling asrama putri agar terhindar dari gangguan hewan liar (anjing dan babi).
  3. Penyaluran Paket Ramadhan untuk para Mualaf di pedalaman NTT.

Dan saat ini, ada satu PROYEK BESAR kami bersama BMH Kupang, yakni Wakaf Kapal Dakwah untuk Dai Tangguh NTT. Selain itu, ada juga kerjasama penjualan dan penyaluran hewan Qurban bersama BMH Pusat. Ayo kita dukung bersama. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s